Selasa, 12 Juli 2011

Hanbok

Beberapa tahun lalu semenjak drama korea masuk ke indonesia, saya juga jadi tertarik sama kebudayaan korea. apalagi tentang Hanbok atau baju tradisional korea, kalau liat di film-film kayakya yang pakai hanbok tuh jadi kelihatan lebih cantik terlebih lagi dengan warna-warna yang cerah. nah sekarang saya mau bahas tentang hanbok.

Hanbok itu baju tradisional yang digunakan wanita di korea, hanbok umumnya memiliki warna yang cerah dan tidak memiliki kantong atau saku.  Hanbok wanita di sebut dengan Chima (rok)   Jaegori (jaket). sedangkan untuk laki-laki menggunakan baji (celana panjang) dan jaegori (jaket). 

bagian Hanbok: 
  1. Jeogori: ialah bagian atas dari hanbok ( baju ).Untuk hanbok laki-laki ukurannya lebih besar   dan simple, sedangkan untuk wanita agak pendek dan ditandai garis lengkung dan dekorasi yang lembut. 
  2. Deong Jong : yaitu kerah yang berwarna yang berwarna putih . 
  3. Otgoreum (Cloth Strings): adalah pita yang dipakai pada baju hanbok untuk wanita, merupakan Tali yang mengikat Jeogori, fungsinya seperti kancing di Era Modern saat ini. Tali ini menjuntai di atas Jeogori hingga ke atas rok (chima). Dapat pula menjadi hiasan hanbok  
  4. Baerae : Jeogori dengan bentuk lengan pendek atau disebut juga magoja   
  5. Sokbaji : Dalaman chima dengan bentuk seperti celana.
  6. Sokchima : Dalaman chima dengan bentuk seperti rok.
  7. Beoseon : Kaos Kaki
  8. Chima : adalah rok pada bagian hanbok. Ada berbagai macam jenis chima, ada yang lapisan tunggal dan ada juga yang double.
  9. Pattern: susunan gambar atau garis dan juga perpaduan warna.
  10. Gat : Topi pria Korea 
  11. Durumagi : Pakaian terluar yang dipakai pada waktu-waktu tertentu, dipakai setelah Sokgui.  
  12.  Kkotsin : Sebutan untuk sepatu yang terbuat dari sutra
 Chima Jaegori


 Baji Jaegori
  
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar